Notification

×

Iklan

Iklan

Wali Kota Depok Berikan Kiat Jaga Keharmonisan Bangsa

18 Maret 2019
Wali Kota Depok Berikan Kiat Jaga Keharmonisan Bangsa

DEPOK — Wali Kota Depok, Mohammad Idris, mengajak warganya untuk meningkatkan persaudaraan dan kesatuan bangsa. Khusus di momentum menghadapi Pemilu Presiden (Pilpres) Tahun 2019 ini, dirinya memberikan kiat-kiat agar pesta demokrasi di Kota Depok berjalan aman, damai, dan harmonis.

Dirinya menuturkan, secara konseptual ajaran Islam telah memiliki solusi untuk menghindari konflik. Menurutnya, selain meningkatkan ketaatan kepada Allah dan Rasul, juga melakukan verifikasi (tabayun) apabila mendapatkan sebuah berita besar.
“Apabila berita tersebut tidak kita gali lagi kebenarannya, langsung kita sebarkan begitu saja, tentu bisa berakibat buruk. Apalagi, kalau informasinya palsu (hoaks),” katanya, kepada depok.go.id, Senin (18/03/2019).
Adapun secara operasional atau implementasinya, untuk menjaga persaudaraan sesama umat Islam dilarang saling mengejek, merendahkan, atau memanggil dengan panggilan yang tidak disukai.
Mohammad Idris menambahkan, praduga buruk atau melakukan justifikasi tanpa dasar juga menjadi sifat yang harus dihindari. Termasuk membicarakan keburukan orang lain (gibah).
Dengan menjalankan kiat-kiat tadi, orang nomor satu di Kota Depok ini optimistis, Pilpres di Kota Depok akan berjalan dengan lancar dan damai.
“Saya optimistis kedamaian bisa terwujud di kota tercinta ini,” ucapnya. (depok.go.id)